Alasan Terselubung Cina Menduduki Natuna

Pekan lalu, kapal nelayan Cina dengan kawalan kapal militer nyelonong masuk wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Mereka menolak angkat kaki, sebab mengaku masih berada dalam teritori Cina. Lho, kok bisa begitu?
Rupanya, insiden diplomatis ini adalah bagian dari ambisi besar Cina untuk menjadikan dirinya negara adikuasa dan superpower di Asia.
--------------------------------------------------
Like and follow us on Facebook, Instagram and Twitter @asumsico
and also check our website asumsi.co

Unduh video

Ditonton
406,130

Komentar

  • Kirim orang2 jenius indonesia belajar ke luar negri lalu suruh mereka membangung pengelolaan minyak sendiri, pembuatan hp sendiri, dan bahan elektronik sendiri dan lain lainya tentu negara membiayai mereka dan tentu negara yang memegang saham terbesar. Walau susah dan butuh waktu. Karna kita kebanyakan orang pintar tapi kurang dukungan untuk memulai

    Samfana WawanSamfana Wawan9 jam yang lalu
  • China negara sahabat????? ... Sahabat kog nyolong 🀣 .... pengen jadi negara global power tapi maksa πŸ˜…... Sekuat"nya militer China, klo musuh negara se Asia tenggara sekaligus ya tetep Ancur tu si Beijing.an ... πŸ˜…...

    Dian PrasetyoDian Prasetyo12 jam yang lalu
  • Jiwarasa 30 T di korup bajingan" anjing masuk kantong pribadi... Bayangkan 30 T buat investasi alusista atau buat infrastruktur di natuna kan jdi balik modal biar utang ke cina segera di lunasi.... Dasar koruptor babiiii..... Kasih gu AK47 biar koruptor" bangsat gue yg bunuh dosa" dah gpp yg pnting matiin para penggrogot negri ini.....

    arif ardiansaharif ardiansahHari Yang lalu
  • LAWAN

    BLK 55BLK 55Hari Yang lalu
  • CHINA MISKIN GK PUNYA LAUT. KERE.

    Nurul HajijahNurul HajijahHari Yang lalu
  • Biat pengawalan zee ri super ketat..... Biar gak terjadi lagi kalo sudah kebobolan tu... Kekayaan alam nkri..... Matilah kita....

    Yudianto 06Yudianto 06Hari Yang lalu
  • Kayaknya china tidak takut tni. Mungkin china hanya takut sama rakyat indonesia yang 250 jt

    star sportstar sportHari Yang lalu
  • NEGARA ASEAN hrs Besatu utk Melawan CINA RRC...

    bunda ayubunda ayuHari Yang lalu
  • sudah saatnya NKRI punya senjata nuklir...

    pt. patraco mechinept. patraco mechineHari Yang lalu
  • Cina tiongkok sengaja cari ribut dg negara kita untuk pengalihan Muslim uygur supaya masyarakat NKRI tidak pergi utk membela muslim uygur di cina ,ini pengaliha Cina utk negara" lain spy pokus ke natuna .

    Azizah AmirAzizah AmirHari Yang lalu
  • Tkt ckp aje bsar

    normawan normanormawan normaHari Yang lalu
  • Yang nyata Indonesia tetap harus pertahankan kepentingan rakyat jelata,kok ngangkap ikan di laut punya orang,dasar cina,biadap lo... #WalaysaWithYouIndonesia.

    test my walltest my wallHari Yang lalu
  • Cina itu memang ingin memecah belah indonesi, klau pecah cina kuasai, terutama pulau sumatra dan kalimatan, itu yg cina incar, pulau jawa enda, hasil bumi trutama minyak, sumatra /kalimatan apa lgi kalimatan dekat laut cina selatan,,

    Yanto allam AllamYanto allam AllamHari Yang lalu
  • China skrg di mata gue sdh gk punya hrga diri. Tukang caplok. Tukang jiplak. Bngsa keparat!! Gk tw diri. Gk tw malu. Ini ni,saking tingkat kpadatan penduduk trbesar di dunia smpe2 rakyatnya terhmbur kocar kacir di negeri org utk tgl dn mnetap. Hrusnya tw malu kalian. Hrusnya brtrima ksih, sdh bnyak tu rkayat china tgl dn mnetap di Indonesia. Bahkn klo di nilai dri segi keuangan lebih besar kekeyaannya di banding bngsa asli Indonesia. Asli sdh kaya benalu. Perlahan Merayap dn tumbuh hidup tpi perlahan jga mnyengsarakan inangnya.. Itupn rakyat se tanah air msih mndiamknnya. Ech.,,. skrg wilayah kelautan Indonesia jga mau kalian ambil.. bnar2 gk tw diri. Jgn bwt konflik. Sekali pnyerangan di mulai. Kmi bngsa Indonesia tdk akn segan2 prtahankn Indonesia smpe titik darah penghabisan. Walaupn kalian punya teknologi yg canggih, itu bhkn masalah walau resikonya besar.. dmna tmpat kalian mnta prtolongan klo sdh mulai kalah.. dg Tuhan kalian gtu?? Budha?? Patung bisa apa?? Gk bsa brgerak sma sekali. Bwt nolong drinya sndri aj gk bsa ap lgi nolong kalian para china luck nute. Keparat.!! Coba hantam tu patung pkai benda keras, balok kh,, palu kh. Linggis kh. Atw jtuhkn kelantai. Ptong jari saya klo tdk hncur atw tdk pecah... Siapa di sini yg spndapat dg saya Klo China gk tw diri. Gk tw malu. N gk usala ada yg namanya pepatah. " Tuntutla Ilmu sampai ke negeri china". Cma mnyengsarakan rakyat Indonesia. Selainnitu ilmu gk punya salah ap2 mau di tuntut. Wkwk. Cma cnda. Hidup Tanah air bngsa Indonesia..!!!

    Shugy VirgoShugy VirgoHari Yang lalu
  • PENCURI IKAN DI NATUNA WAJIB DITANGKAP DENGAN SEGALA CARA, COASTGUARDNYA WAJIB DISTOP KRI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Gideon GcccGideon GcccHari Yang lalu
  • Dan pada akhirnya secara halus kata Pa Mul "Sumber Daya Alam Kekayaan di wilayah ZEE Indonesia bisa Bekerjasama Dikelola Bersama Komunis China salah satunya termasuk Natuna".

    rrc invadersrrc invadersHari Yang lalu
  • Cina vs Indonesia 1,4 milyar jiwa vs 270, jt jiwa lebih hidup NKRI tentara kita lebih unggul ketimbang cina di medan peperangan

    Teguh RiantoTeguh RiantoHari Yang lalu
  • NKRI vs china, Rusia pihak manaπŸ˜„

    Siti NaimahSiti NaimahHari Yang lalu
  • Negara cina tamak serakah

    Hartak HartatiHartak HartatiHari Yang lalu
  • Dgn mengubah nama laut china selatan menjadi laut natuna sama dgn merampok hak negara lain . China sdh menguasai dan hadir di laut china selatan semenjak zaman raja2 china hingga 1947 . Peta pulau natuna belum ada di map indonesia 1980 cuma baru2 ini saja .

    Lie Andy LivanLie Andy Livan2 hari yang lalu
  • Indonesia sedang asyik perdebatan agama&surga,sampai lupa negara asing mau merampas wilayah negara kita.

    Taniwa HalawaTaniwa Halawa2 hari yang lalu
  • China sialan laknat kalian

    DIENO AGUNGDIENO AGUNG2 hari yang lalu
  • Yg pro sama China mana suaranya 🀣

    Ibnu SayfudinIbnu Sayfudin2 hari yang lalu
  • Seharusnya Pak Jokowi membuat sekolah untuk membuat rudal,atau senjata2 sejenisnya dalam rangka menyambut perang global

    Fajar batariFajar batari2 hari yang lalu
    • Sekolah buat rudal nggak ada mas. Tapi sekolah buat nangkap jin dan tarik pusaka banyak. Sementara negara2 diluar sana sudah maju dlm bidang tekhnologi,kita masih ngurusi setaaan terus. Banyak youtuber dalam hal klenik/hal2 ghoib. Tapi nggak ada you tuber dlm bidang tekhnologi."kapan majunya negeri ini"?!

      Surawan WawanSurawan WawanHari Yang lalu
  • Gmn china g kaya,,, kita itu ibarat negara persemakmurannya,para cukong china yg sudah kaya di indonesia Mereka menjadi penyumbang devisa dinegaranya, sehingga tanpa penghasilan pun dinegaranya cina masih bs hidup dg sumbangan uang dr indonesia,,, klo pemerintah terus menerus membiarkan keadaan seperti ini maka tdk mungkin klo anak cucu kita nanti akan menjadi budak dinegrinya sendri.... Waspadalah

    Dent BagoesDent Bagoes2 hari yang lalu
  • Itu khan imbalan balas jasa untuk cina krn sudah menggelontorkan dana 24T sewaktu jokowi nyapres,,, g mungkin klo g deal2an cina mau kasih uang sebanyak itu,,, presiden seolah tutup kuping unt masalah ini. Cuma action tanpa power,,,

    Dent BagoesDent Bagoes2 hari yang lalu
  • kalo perang cina komunis ga bakal tahan lama bbm terbatas kapal ga bisa melaut ga bisa terbang, daging babi langka mahal tentara bakal kelaparan, negara maju tutup pabrik ga ada barang buat dagang ga ada suku cadang. Langit pasti hancurkan cina komunis same akarnya.

    Eko PasirEko Pasir2 hari yang lalu
  • Apakah kalian melihat Lambang palu urit PKI Komunis di rapat President China

    Noufal ScorpiusNoufal Scorpius2 hari yang lalu
  • Udah lama minyak katanga banyak.knp ga di proses2 si?kburi dicaplok orang tau

    Tarmizi ZulkarnaenTarmizi Zulkarnaen2 hari yang lalu
  • Laut China Selatan itu kan hanya nama saja, bukan berarti laut itu milik China, enak aja ngaku2 bukan miliknya! Dasar sableng! Disekitar laut itu kan banyak negara2 republik yg lain, bukan China saja yg letaknya jauh dari laut itu! Disamping Indonesia, Philipina, Malaysia, Vietnam, mikir donk pakai otak!

    Andy KusumadiningratAndy Kusumadiningrat2 hari yang lalu
  • Orang2 WNI keturunan China yg cwe2 diperkosa aja..

    Arief WArief W3 hari yang lalu
  • Anti cina dan antek anteknya

    muhammad zhafranmuhammad zhafran3 hari yang lalu
  • Kalau belum perang jgn minta perang,kalau sdh perang mari kita berperang.dia kira masih pakai bambu rungcing,.ada seribu dukun siap melepaskan ilmu pelet.tentara china pada sakit perut muntah2,mencret,sakit kepala, gatal2 sampai mati...he. he

    Basri MachmudBasri Machmud3 hari yang lalu
  • Presiden indonesia kn plongah plongoh. Jdi cina tk pernah takut pa indonesia. Terbukti berkali kli cina mengklem natuna. Dn fakta. Di rezim curang jokowi... Jokowi ugal ugalan berhutang ke cina komunis... Itu fakta buruk di rezim jokowi.

    Mawar BerduriMawar Berduri3 hari yang lalu
  • CINA BUKAN TIONGKOK

    aing000aingaing000aing3 hari yang lalu
  • Apa indonesia menunggu d jajah untuk memanfaatkan sumberdaya minyak itu. Ayo cepat bangkit bangsa indonesia cepat olah sumberdaya tsbt

    jo ryjo ry3 hari yang lalu
  • Kembalikn produk2 mrk gk usah import lg dr mrk...produk2 mrk jg menghancurkn produk lokal.cina licik ..indo hrs tegas biar kapok mrk

    paijem syantikpaijem syantik3 hari yang lalu
  • Bismillah semoga gusti alloh menghendak ki ini semua, Kalo emg punya indonesia China bakal celaka insyaalloh

    Joko WaluyoJoko Waluyo3 hari yang lalu
  • Nkri bersatu siap lawan siapa aja..

    Mawar MalatiMawar Malati4 hari yang lalu
  • Kayak suara mardiguwp

    Andika DailyAndika Daily4 hari yang lalu
  • Cina pengen tau kekuatan indonesia / terutama alutsistanya

    MAWAN MB vlogMAWAN MB vlog4 hari yang lalu
  • Kok rakus gt Cina ini

    Cyber INDCyber IND4 hari yang lalu
  • Bilang sama para cebong ngak ada bumi dan laut indonesia yg di ganggu kadal gurun

    Ferizalarz ZalFerizalarz Zal4 hari yang lalu
  • kode ketat rapat kan barisan nkri .

    Risjart HarisRisjart Haris4 hari yang lalu
  • TUMAN

    Gondes TglGondes Tgl4 hari yang lalu
  • pertanyaan serius, kenapa indonesia membangun persahabatan dengan negara komunis. yang telah jelas menjadi musuh bagi negara indonesia.

    Edi MartunisEdi Martunis4 hari yang lalu
  • Gara-gara cina negara lain bisa kenak dampak buruk Nya

    Benny AfriansyahBenny Afriansyah4 hari yang lalu
  • China memang tinggi GDP nya , tertinggi didunia dengan nilai export yang fantastis, mau ngalahin china , " BAN " produk china dimanapun , mari consumsi produk lokal .

    hendry SaFahendry SaFa4 hari yang lalu
  • Sekalian aja hancurkan negara cina emosi gua sumpah

    Joshua OktobryantoJoshua Oktobryanto4 hari yang lalu
  • masih latah aja menyebut laut china selatan, sekarang laut tersebut sudah berubah nama menjadi laut natuna utara

    AndreAndre4 hari yang lalu
  • Mw di lautan natuna byk minyak, tetep aja indo jadi kere, kaga ngaruh kl pemerintahnya makan buat ngenyangin perut sendri

    FITRIA ACHMADFITRIA ACHMAD4 hari yang lalu
  • Karna pemerintahnya lemah dan gampang diatur oleh cina

    Bali KutaBali Kuta4 hari yang lalu
  • Jangan takut perang! Indonesia cuma pakai bambu runcing bisa merdeka lawan belanda, jepang, inggris dan sekutu πŸ˜‚ πŸ˜‚ πŸ˜‚

    monkey manmonkey man4 hari yang lalu
  • Kita punya ratu semoga aja laut Natuna aman aman aja kalau China buat gaduh dii laut biar ratu yang membantu nya Amin memang dak China dak Amerika negara' rakus semua negara mau di kuasai Cina kemarin komplik sama Taiwan sekarang sama Indonesia

    Suminah TaiwanSuminah Taiwan4 hari yang lalu
  • Klo dah bgini apa kita masih tetap bertahan sebagai NEGARA NON BLOK?

    billy gamingbilly gaming4 hari yang lalu
  • Memungkin kan kah ada FIR'UN indonesia di balik NATUNA ?

    abi syafabi syaf5 hari yang lalu
  • Semoga bukan kamuflase masalah uygur

    Andi Dwi DarmawanAndi Dwi Darmawan5 hari yang lalu
  • JANGAN kebanyakan omong runding dll.... CHINA penjajah rakus krn rakyatnya bsnyak butuh lahan buat berkembang makanya doyan ransh NKRI... Gov NKRI kok gak simak kok mau aja tetsp masuk perangkap China...SADAR dong jng pada ikut rakus harta...ingat uda sumpah urus bela jaga NKRI... ingat pak2 ibu2... China dng teori menjajah domino thn 1960-1970an...uda luntur sekarang teori obor China waspada ASTENG kita di tengah alur CHINA buat jsjah dunia....

    Eva mutiaEva mutia5 hari yang lalu
  • Undang Amrik jaga lautan.

    Juan HJuan H5 hari yang lalu
  • β€œSahabat” tidak ngrampok, itu maling!!!

    Juan HJuan H5 hari yang lalu